Berita Beasiswa Online

PENGUMUMAN PEMBERIAN BEASISWA PPA – BBP PPA 2014 UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2014-04-17 07:57:04

Universitas Brawijaya akan melakukan penjaringan calon penerima Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan Bantuan Biaya Pendidikan PPA (d/h Beasiswa BBM) hingga pencairan dana beasiswa tersebut. Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi, sedangkan BBP PPA diprioritaskan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi.

 

Beasiswa akan diberikan kepada 2500 orang mahasiswa UB dengan nilai Rp.350.000/bulan/ mahasiswa selama sekurang-kurangnya 1 (satu) semester atau 6 (enam) bulan, dengan ketentuan sbb:

1.    Mahasiswa jenjang S1 atau D-IV serendah-rendahnya duduk di Semester II dan setinggi-tingginya Semester VII;

2.    Mahasiswa Jenjang D-III atau Vokasi serendah-rendahnya duduk di Semester II dan setinggi-tingginya Semester V;

3.    Mahasiswa memiliki IPK minimal 3,00 (untuk Beasiswa PPA) dan IPK minimal 2,75 (untuk BBP PPA);

4.    Mahasiswa harus berstatus aktif pada Semester Genap 2013/2014;  

5.    Mahasiswa yang tidak sedang terikat beasiswa dari pihak lain.

 

Proses penjaringan hingga pencairan dana beasiswa PPA dan BBP PPA adalah sbb:

1.    Fakultas melakukan proses penjaringan calon penerima beasiswa melalui sim.ub.ac.id (mahasiswa tidak perlu mendaftar).

2.    Fakultas melakukan proses verifikasi calon penerima yang layak/memenuhi syarat. Untuk Beasiswa PPA diprioritaskan bagi mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi dan/atau memiliki prestasi terbaik ko/ekstra kurikuler; sedangkan BBP PPA diprioritaskan bagi mahasiswa kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki prestasi baik.

3.    BAK/Kesma UB melakukan verifikasi calon penerima agar tidak dobel beasiswa.

4.    BAK/Kesma UB mengumumkan calon penerima beasiswa di web: beasiswa.ub.ac.id. dan pengumuman melalui Fakultas.

5.    Dalam waktu 5 hari sejak diumumkan, calon penerima beasiswa harus memberi konfirmasi bersedia menerima atau tidak secara on line, selanjutnya mengisi formulir permohonan beasiswa, melengkapi berkas dan up load berkas (KTP, KK, KTM, Slip Gaji terakhir/Pernyataan Penghasilan orang tua bermeterai Rp.6000 bagi yang wiraswasta, sertifikat prestasi tingkat nasional/internasional (jika ada).

6.    Jika dalam waktu 5 hari calon penerima tidak melakukan konfirmasi on line, calon dianggap mengundurkan diri/gugur, selanjutnya Fakultas mencari pengganti calon lain yang memenuhi syarat.  

7.    Pimpinan Fakultas dan Kemahasiswaan UB mengadakan rapat penetapan penerima beasiswa.   

8.    Proses penerbitan SK Rektor tentang Penerima Beasiswa PPA dan BBP PPA.

9.    Proses pemberian nomor rekening bank bagi mahasiswa penerima beasiswa.

10.Pemrosesan pencairan beasiswa ke Dikti.

11.Beasiswa cair dan selesai.

Catatan:

1. Proses seleksi dimulai pertengahan April 2014.

2. Pencairan beasiswa akan diumumkan lebih lanjut.

3.  Pedoman Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan PPA Tahun 2014 dapat diunduh  di web: beasiswa.ub.ac.id

4. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini dapat menghubungi Kemahasiswaan Fakultas/rogram masing-masing.

 

 

Flowchart/alur proses penjaringan hingga pencairan beasiswa PPA dan BBP PPA dapat didownload di beasiswa.ub.ac.id.

PENAWARAN BEASISWA YAYASAN PELAYAN KASIH A&A RACHMAT TA 2014/2015 UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2014-04-08 13:58:20

PENAWARAN BEASISWA YAYASAN PELAYAN KASIH A&A RACHMAT TA 2014/2015

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

 

 

SYARAT PENGAJUAN PERMOHONAN :


1. Mahasiswa/i berkebangsaan Indonesia;
2. Bidang / Jurusan
  S1 -> Teknik, MIPA, Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Kedokteran;
3. Minimum Semester III atau Tahun Ajaran Kedua;
4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir
  S1 -> 3,00;
5. Prioritas beasiswa akan diberikan kepada peserta yang telah menerima Beasiswa tahun Ajaran sebelumnya;
6. Dari keluarga berpenghasilan marginal, dibuktikan dengan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua, dan/atau Surat Keterangan dari Kelurahan;
7. Tidak atau sedang menerima Beasiswa dari Lembaga atau Instansi lain;
8.

Pendaftar Beasiswa Baru : Mengisi Formulir Permohonan Beasiswa PT Daya Adicipta Mustika YPKAAR (dapat diperoleh di Kemahasiswaan Masing-masing Fakultas (jumlah terbatas));

Pendaftar Beasiswa Lanjutan : Hanya mengirimkan IPK Terakhir;

9.

Wajib memiliki Email dan Blog UB.

 

 

BESAR BEASISWA


Beasiswa ditetapkan sebesar Rp. 400.000,- (Empat ratus ribu rupiah) per bulan terhitung mulai bulan Agustus 2014 s.d Juli 2015 dan diberikan secara langsung tiap 3 (tiga) bulan / triwulan. Kelanjutan pemberian Beasiswa tergantung pada Prestasi Mahasiswa di semester yang sedang berjalan dan keputusan Penilaian Tim YPKAAR

 


KEWAJIBAN PENERIMA BEASISWA :

 

1. Memberikan copy Indeks Prestasi setiap semester kepada Pembantu Rektor / Direktur Bidang Kemahasiswaan untuk dikirimkan ke Sekretariat YPKAAR secara kolektif;
2. Membuat Tanda Terima Beasiswa yang telah kami sediakan di masing-masing Perguruan Tinggi/Akademi untuk dikirimkan ke Sekretariat YPKAAR secara kolektif. Tidak adanya tanda terima dari Penerima Beasiswa berakibat terputusnya pemberian Beasiswa untuk tahap berikutnya.

 

Berkas Pendaftaran dikumpulkan di Bagian Kemahasiswaan masing-masing Fakultas dan diserahkan secara kolektif oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat Lantai 3 paling lambat tanggal 12 Juni 2014.

PENAWARAN PROGRAM BEASISWA SUPERSEMAR TAHUN 2014 UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2014-02-05 10:08:26

PENAWARAN PROGRAM BEASISWA SUPERSEMAR TAHUN 2014

UNIVERSITAS BRAWIJAYA


 

Dengan ini kami memberitahukan Bahwa Program Beasiswa Supersemar Tahun 2014  Menawarkan kembali Beasiswa untuk mahasiswa Universitas Brawijaya. Adapun persyaratan yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut : 

 

1.  Memiliki Indeks Prestasi Minimal 2.50;
2. Minimal semester 3 dan Maksimal semester 10;
3. Rajin dan berkelakuan baik;
4. Berasal dari keluarga yang tergolong kurang mampu;
5. Wajib memiliki email dan blog UB.

 

Berkas yang harus dikumpulkan antara lain :

 

1.  Fotocopy KHS Semester Ganjil TA 2013/2014 yang telah dilegalisir fakultas;
2. Fotokopi KTM yang dibubuhi no. HP;
3. Slip Gaji Orang tua atau surat keterangan penghasilan orang tua;
4. Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW.

 

 

Berkas pendaftaran dikumpulkan di bagian Kemahasiswaan masing-masing fakultas dan diserahkan secara kolektif oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat Lantai 3 paling lambat tanggal 28 Februari 2014 pada jam kerja. Berkas yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses.

PENAWARAN BEASISWA IIEF UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2014-01-30 08:16:13

PENAWARAN BEASISWA IIEF

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

 

Dengan ini kami memberitahukan bahwa Indonesia Internasional Education Foundation (IIEF) kembali menawarkan beasiswa untuk mahasiswa SI Universitas Brawijaya. Adapun penawaran beasiswa tersebut antara lain :


No. Nama Beasiswa CSR Perusahaan Batas Akhir
1. Leaders Program 2013/2014 GE Foundation Scholar 20 Februari 2014
2. Indonesia Young Leaders Scholarship Program 2013 The Paiton Energy 5 Februari 2014

 

The Paiton Energy :

a. Sedang kuliah di Tahun ketiga (Angkatan 2011);

b. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Teknik, dan FMIPA

 

Kriteria dan Persyaratan yang harus dipenuhi dapat dilihat di GE Foundation Scholar, Pendaftran Online di : http://scholarshipandmore.org dan berkas dikumpulkan secara kolektif oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat Lantai 3 paling lambat pada tabel di atas. Berkas kolektif yang tidak memenuhi syarat dan tidak diserahkan tepat waktu oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat tidak akan diproses.

 

Terima Kasih.

PENAWARAN BEASISWA PT. NIKOMAS GEMILANG TAHUN 2013/2014 UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2013-12-19 05:11:54

PENAWARAN BEASISWA PT. NIKOMAS GEMILANG TAHUN 2013/2014 UNIVERSITAS BRAWIJAYA

 

 

Sehubungan dengan adanya penawaran Program beasiswa PT. Nikomas Gemilang, bersama ini kami informasikan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemohon adalah sebagai berikut:


1. 
Tidak mengikuti/mendapatkan beasiswa dari yayasan atau perusahaan lainnya;
2. Mahasiswa yang sedang duduk di semester V dan akan menjalani studi semester VI pada awal Tahun 2014;
3. Memiliki IPK minimal 3.00;
4. Lulus pada semester VIII dan bersedia menjalani ikatan dinas selama 2 (dua) tahun;
5. Diwajibkan memiliki email dan blog UB.


Berkas yang harus dikumpulkan antara lain:


1. Transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir oleh pihak Fakultas;
2. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa (dapat di download di sini);
3. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) lembar;
4. Fotocopy KTP 1 (satu) lembar;
5. 
Fotocopy KTM 1 (satu) lembar;
6. Membuat biografi diri dalam bahasa inggris (800 - 1000 kata) yang menjelaskan profil pribadi, riwayat hidup, kondisi perkuliahan, kegiatan kemahasiswaan, rencana karir, pengetahuan terhadap industri sepatu, cara beradaptasi dengan budaya dan lingungan kerja perusahaan multinasional;
7. Fotocopy sertifikat bahasa asing (Inggris, Mandarin, lainnya) sebagai pendukung dan untuk menambah penilaian;
8. Membuat surat peryataan yang menyatakan bahwa dokumen yang diajukan adalah dokumen asli yang tidak direkayasa.


Berkas Pendaftaran dikumpulkan di Bagian Kemahasiswaan masing-masing Fakultas dan diserahkan secara kolektif oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat Lantai 3 paling lambat tanggal 30 Desember 2013. Berkas kolektif yang tidak memenuhi syarat dan tidak diserahkan tepat waktu oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat tidak akan diproses.

PENAWARAN PROGRAM BEASISWA PT. PEGADAIAN (Persero) TAHUN 2013 UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2013-11-22 13:36:32

PENAWARAN PROGRAM BEASISWA

PT. PEGADAIAN (Persero) TAHUN 2013

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

 

 

Sehubungan dengan adanya penawaran Program beasiswa PT. Pegadaian (Persero) Tahun 2013 bagi mahasiswa Universitas Brawijaya, bersama ini kami informasikan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemohon adalah sebagai berikut:


1. 
Mahasiswa/i dengan status masih aktif secara akademik;
2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tahun Akademik 2012/2013 minimal 3,20;
3. Berasal dari keluarga yang tergolong kurang mampu;
4. Diutamakan berasal dari daerah terpencil/teringgal;
5. Diwajibkan memiliki email dan blog UB.


Berkas yang harus dikumpulkan antara lain:


1. Fotocopy Transkrip Semester Genap TA 2012/2013 yang telah dilegalisir Fakultas;
2. Fotocopy KTM, KTP;
3. Fotocopy KK yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa;
4. Surat Keterangan kurang mampu dari Lurah/Kepala Desa;
5. 
Surat Keterangan status aktif secara akademik dari Fakultas masing-masing.


Berkas Pendaftaran dikumpulkan di Bagian Kemahasiswaan masing-masing Fakultas dan diserahkan secara kolektif oleh Fakultas kepada Bagian Kemahasiswaan Kantor Pusat Lantai 3 paling lambat tanggal 29 Nopember 2013. Berkas yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses.